Cetak kalender adalah bisnis yang tidak pernah sepi, terutama masa-masa menjelang pergantian tahun. Banyak orang yang berbondong-bondong mencetak kalender untuk berbagai keperluan. Ada yang memang untuk pribadi dan adapula yang untuk keperluan bisnis. Setiap orang pastinya ingin mendapatkan kalender yang keren tapi dengan harga yang murah. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jasa percetakan terbaik untuk bisa mendapatkan kalender yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih jasa percetakan untuk pembuatan kalender.

  1. Desain
    Dalam membuat kalender, ada dua cara pembuatan desain yang bisa Anda pilih yakni membuat desain sendiri atau membayar jasa pembuatan desain yang disediakan penyedia jasa. Jika Anda ingin hemat, maka membuat desain sendiri adalah pilihan terbaik. Tapi jika Anda tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk membuat desain, maka sebaiknya meminta jasa desain percetakan untuk membuat kalender yang diinginkan. Tentunya, Anda harus menyisihkan sedikit dana untuk membayar desain tersebut. Pilihlah desain dengan font, size dan warna yang senada dan cerah sehingga nyaman dilihat. Sesuaikan pula desain dengan logo perusahaan atau tema yang Anda inginkan.
  2. Portfolio
    Pastikan jika jasa percetakan yang Anda pilih memiliki portfolio kalender yang sudah pernah dibuat. Dengan begitu, Anda bisa menilai sendiri apakah jasa tersebut mampu membuat kalender yang bagus atau tidak.
  3. Waktu pengerjaan
    Saat memesan cetak kalender di jasa percetakan, Anda harus menentukan kapan waktu pengambilan kalender. Karena jika tidak ditentukan sejak awal, maka bisa jadi pihak percetakan akan menunda-nunda waktu pengerjaan. Apalagi jika Anda memesan di akhir tahun. Karena biasanya, jumlah permintaan pembuatan kalender akan semakin meningkat. Bahkan tidak sedikit pula jasa yang menolak pemesanan karena kurangnya pegawai atau melonjaknya permintaan.
  4. Berat dan ukuran
    Perlu Anda ketahui bahwa berat dan ukuran kertas turut mempengaruhi harga pembuatan kalender. Oleh karena itu, selalu sesuaikan ukuran dan berat kertas yang dipilih dengan budget yang disediakan.

Demikianlah beberapa tips dalam memilih jasa percetakan untuk cetak kalender. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.