Sama halnya dengan bela diri lainnya. Dalam Brazilian jiu-jitsu memiliki tingkatan sabuk yang disesuaikan dengan kemampuan menguasai seni bela diri yang satu ini. Tingkatan sabuk ini memiliki sabuk warna putih salah satunya. Biasanya sabuk putih diberikan kepada atlet yang baru saja belajar bjj di bandung. hal yang dipelajari adalah teknik – teknik dasar lolos dari kuncian dan juga posisi bertahan untuk dapat menguasai gerakan dasar untuk dapat menghindari serangan. Anda juga harus belajar teknik dasar dari kuncian dan cekikan untuk dapat mengunci lawan dengan mudah dan cepat. Selain itu juga harus belajar teknik dasar bantingan untuk dapat melakukan hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan untuk dapat menggunakan sabuk putih tersebut.

Selanjutnya sabuh biru adalah atlet yang sudah belajar bjj di bandung dan sampai dimana pengetahuanya mengenai teknik kombinasi bantingan sudah matang. Selain teknik kombinasi bantingan juga menggunakan cekikan menjadi salahs atu cara untuk dapat membuat Anda mengerti mengenai hal tersebut merupakan salah satu cara untuk dapat membuat Anda menjadi salah satu model teknik yang dapat Anda coba. Teknik kombnasi kuncian juga dibahas di sabuk biru sehingga Anda lebih mudah untuk dapat menerapkannya secara efesien dan ketika lolos ujian akan naik pangkat ke sabuk ungu. Untuk dapat mengambil sabuk ungu tentu Anda harus dapat pengetahuan mengenai bela diri ini harus lebih besar dan juga telah memnuhi syarat standart untuk mengajar. Untuk sabuk unguk di BJJ merupakan sama dengan sabuk hitam pada cabang bela diri yang lain.

Untuk tingkat lanjutan adalah sabuk coklat yang merupakan orang memiliki kemahiran dalam menerapkan semua teknik bjj di bandung yang ada. Sehingga mereka sudah dapat menggunakan semua teknik termasuk teknik kombinasi yang menarik untuk dapat digunakan. Sabuk hitam dalam tingkatan terakhir ini dari Brazilian jiu- jitsu merupakan salah satu capaian sabuk yang digunakan oleh atlet untuk bisa membuka perguruan baru sebab dirasa sudah dapat menguasai semua teknik yang ada.