Indonesia memiliki bayak sekali budaya serta produk – produk kebudayaan yang berasal dari setiap daerahnya dari Sabang hingga ke Merauke. Salah satu produk kebudayaan yang berasal dari salah satu pulau di Indonesia adalah batik. Ya, sebagai orang Indonesia, siapa yang tidak megenal batik? Adalah teknik melukis kain dengan motif khas jawa yang dilakukan denngan berbagai cara antara lain: dilukis dengan canting, di cap, dan lain sebagainya. Dahulu kala, batik hanya diproduksi dengan cara tradisional yakni dengan dilukis menggunakan canting yang berisi cairan lilin pannas, kemudian diwarnai dengan cara direbus. Sebagai bangsa Indonesia, kita wajib menjaga warisan budaya kita, salah satu caranya adalah dengan tetap menggunakan serta melestarikan warisan budaya tersebut. Seperti contoh, meskipun kita terlahir pada zaman modern dan globalisasi, action yang dapat kita lakukan untuk melestarikan warisan budaya adalah dengan tetap memakai batik sebagai baju kebanggaan kita. Batik umumnya digunakan untuk acara formal, untuk itu, sangat cocok untuk digunakan sebagai baju untuk kerja. Model baju batik kerja pun sekarang macam-macam.

Khususnya untuk para wanita yang bekerja, batik sangat cocok apabila digunakan sebagai pakaian untuk bekerja karena dapat menunjukan keanggunan, wibawa, serta keprofesionalitasan. Untuk itu, model baju batik kerja khususnya untuk wanita turut berkembang mengikuti perkembangan mode sehingga batik tetap diminati oleh banyak orang khususnya bangsa Indonesia itu sendiri. Berikut kita akan bahas bagaimana model baju batik yang cocok untuk pakaian yang digunakan untuk bekerja.

Model baju batik kerja khususnya yang didesainkan untuk para wanita karir umumnya memiliki ciri khas yaitu potonganya yang tegas untuk memberikan kesan rapih serta berwibawa. Baju batik memiliki ciri khas saat dipakai, salah satunya yaitu dapat membuat postur orang Nampak lebih tegap. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai pakaian untuk bekerja. Baju batik untuk wanita biasanya tidak memiliki terlalu banyak kombinasi, potonganya cenderung clean baik lengan panjang maupun lengan pedek. Jika terdapat kombinasi biasanya hanya terletak di beberapa bagian saja, seperti pada kerah, lengan dan bawah dada.