Sekarang ini, sepeda sedang kembali diminati oleh masyarakat Indonesia, hal tersebut dikarenakan alat transportasi yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai suatu sarana olahraga yang bisa dilakukan bersama-sama dengan orang terdekat Anda, baik keluarga, teman, kekasih, dan lain-lain. Untuk berolahraga, sudah banyak jenis sepeda yang diperjualbelikan secara langsung di toko lapak sepeda mau pun dijual di berbagai situs jual beli online terpercaya yang saat ini sudah banyak sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu jenis sepeda yang kembali diminati akhir-akhir ini adalah sepeda Federal. Jenis sepeda ini memang sudah diproduksi dan dipakai sejak tahun 80an di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Hal tersebut dikarenakan sepeda ini sangat nyaman digunakan dan terbilang mudah untuk didapat. Namun, sekarang ini sudah banyak oknum yang berbuat nakal dengan menciptakan produk tiruannya. Berikut ini adalah beberapa ciri khas dari sepeda yang asli:

1. Penampilan Baik
Karena sepeda ini sudah lama dan juga sudah mendunia, maka tidak heran jika setiap bagian yang digunakan dan bahkan penampilannya pastinya berkualitas dan menggunakan bahan yang juga bergengsi. Sepeda ini biasanya dibuat dan dirakit dengan sangat baik. Jenis yang asli biasanya memiliki bagian yang di las dengan rapi, catnya juga terlihat rapi. Meski sudah terlihat lusuh dan terlihat termakan usia, namun jika sepeda asli tampilannya pun akan tetap sama dan masih terlihat baik. Tidak heran banyak sekali kolektor yang mengincar sepeda ini.
2. Nomor Seri
Setiap benda yang asli pastinya disertai dengan kode unik, dimana hal tersebut menentukan apakah produk tersebut asli atau palsu. Pada sepeda Federal ini, kodenya tidak hanya diletakkan pada satu tempat saja, nyatanya ada 3 tempat dimana Anda bisa mendapatkan kode yang merupakan identitas dari sepeda asli tersebut. Berikut ini adalah beberapa tempatnya:

• Terdapat di bawah BB yang menghadap ke arah jalanan.
• Terdapat pada bagian kiri sebelah bawah dari seat tube yang letaknya dekat dengan FD.
• Terdapat di bagian headtube pada sisi belakangnya.

3. Bentuk Seat Stay
Agar penggunanya lebih aman dan juga lebih merasa nyaman ketika menggunakan sepeda tersebut, maka biasanya sepeda ini dilengkapi dengan seat stay yang begitu empuk dan memiliki bentuk yang akan membuat Anda nyaman. Seat stay ini memiliki bagian ujung yang meruncing dan juga menempel pada seattube di bagian sampingnya. Anda bisa mendapatkan sepeda yang asli jika membelinya pada situs belanja online atau toko online yang memang menjual jenis ini dengan harga yang tentunya lebih terjangkau.
4. Bracket
Jika sepeda yang Anda miliki merupakan tipe Federal yang asli, maka Anda bisa mengeceknya jika pada bagian belakangnya ada bracket yang bisa dipasangkan dengan rear rack atau benda yang semacam cable cage. Jika memilikinya, sudah dipastikan bahwa sepeda tersebut adalah yang asli. Agar lebih aman, Anda bisa melakukan belanja online untuk mendapatkan sepeda asli dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah beberapa ciri khas dari sepeda Federal yang bisa Anda jadikan referensi jika sepeda tersebut merupakan produk yang asli. Memang saat ini sudah sedikit sulit untuk mendapatkan jenis sepeda ini, namun masih bisa didapat dengan mudah jika Anda mencarinya melalui situs jual beli online terpercaya yang dimana sepeda ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Pastinya Anda pun akan semakin bisa berhemat dan tidak boros karena membeli produk yang palsu.