Lactobacillus Bifidobacterium: Bakteri Baik Bagi Usus

Anda pasti sudah paham jika bakteri dapat menyebabkan gangguan pencernaan bukan? Namun apakah Anda tahu bahwa ternyata bakteri juga bisa menyebabkan pencernaan kita lebih sehat? Dalam artikel ini akan dibahas jenis bakteri Lactobacillus Bifidobacterium yang berkhasiat baik bagi pencernaan usus Anda.

Untuk jenis bakteri menyehatkan lainnya, Anda bisa kunjungi  https://www.guesehat.com/bakteri-juga-penting-dan-menyehatkan-tubuh-kamu-lho.

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai bakteri baik Lactobacillus Bifidobacterium.

Sejarah Lactobacillus Bifidobacterium

Lactobacillus Bifidobacterium pertama kali ditemukan oleh Henry Tissier, seorang dokter anak dari Perancis. Dokter tersebut menemukan bakteri ini setelah melakukan penelitian pada area usus bayi yang sedang mengalami masa menyusui.Baru pada tahun 1907, pemakaiannya secara oral dinyatakan dapat menyehatkan usus manusia.

Ciri-ciri Lactobacillus Bifidobacterium

Secara garis besar, ada 5 ciri khusus Lactobacillus Bifidobacterium, yaitu:

  1. Memiliki gen gram-positif
  2. Nonmotil
  3. Mayoritas bercabang
  4. Berbentuk batang
  5. Anaerob/tidak membutuhkan oksigen

Namun secara detail, Lactobacillus Bifidobacterium masuk ke dalam golongan asam laktat. Biasanya bakteri jenis ini terdapat pada area usus besar. Suhu yang baik bagi pertumbuhannya sekitar 37-41 deracat celcius. Secara sekilas Lactobacillus Bifidobacterium memiliki bentuk mirip sperti huruf “Y” dan huruf “V”.

Manfaat Lactobacillus Bifidobacterium

Sebagai bakteri baik, Lactobacillus Bifidobacterium sudah pasti memiliki manfaat bagi tubuh. Manfaatnya yang pertama adalah sebagai produsen vitamin B-kompleks. Selain itu, bagi penderita penyakit liver, bakteri ini dapat membantu program diet yang sedang dijalani. Sedangkan, manfaat yang terakhir adalah mencegah potensi terkena kanker.

Banyak bukan manfaatnya? Jangan takut kesulitan untuk mendapatkan bakteri Lactobacillus Bifidobacterium, ya. Jenis bakteri ini bisa dengan mudah didapatkan dalam makanan dan minuman yang mengandung probiotik seperti yoghurt atau produk olahan susu lainnya.

Semoga wawasan Anda tentang kesehatan bertambah setelah membaca artikel ini, ya. Mulai dari sekarang mari lebih mengenali kesehatan tubuh kita demi hidup yang lebih baik ke depannya. Perkaya wawasan anda dengan membaca buku dan mengunjungi blog kesehatan. Ingat, tanpa tubuh yang sehat, akan banyak perencanaan hidup Anda yang gagal terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa