VIVO V9, Hp kelas menengah yang sedang naik daun tahun ini dikarenakan masyarakat lebih memilih Smartphone yang murah dan berspesifikasi tinggi. Keunggulan dari smartphone VIVO selalu terletak pada kamera yang mempunyai resolusi tinggi, misalnya saja seperti ponsel VIVO V5 dengan resolusi kamera 20 Mega Pixel. Smartphone VIVO V9 dirilis pada tanggal 30 bulan april tahun 2018 dengan launching yang besar-besaran. Hampir ditampilkan di semua TV Nasional ini dibekali dengan Kamera depan dengan resolusi 24 Mega Pixel, dan Kamera Belakang dengan resolusi 16 Mega Pixel plus 5 Mega Pixel. Dengan resolusi sebesar ini sudah dapat dipastikan hasil gambar nya sangat jernih dan cukup memuaskan untuk yang mempunyai Hoby menangkap gambar. Meskipun banyak kelebihannya, tetapi masih ada kekurangan nya pada produk tersebut. Dibawah ini kekurangan dan kelebihan dari Segi kamera Smartphone VIVO V9 .

Kekurangan

Pada saat keadaan Low Light hasil gambar dari VIVO V9  terlihat tidak sedikit noise yang timbul, walaupun masih dalam taraf normal sebuah Smartphone tetapi cukup mengganggu juga ketika kita akan mengambil gambar pada malam hari ataupun didalam ruangan.

Kamera depan beresolusi 24 Mega Pixel, tetapi tetap bagus dan menghasilkan gambar yang memuaskan. Meskipun begitu, gambar yang dihasilkan tidak lebih bagus dari pada kamera belakang, dan terlebih pada mode bokeh nya atau Background blur.

Efek bokeh yang dijanjikan oleh Smartphone ini digadang-gadang akan mampu menyamai kamera DSLR, tetapi pada kenyataannya tidak sama sekali. Mungkin itu hanya sebagai pemikat agar bisa sukses dipasaran

Kelebihan

Fitur yang sudah lengkap untuk kamera belakang seperti Background Blur atau yang lebih dikenal dengan Bokeh Mode sepertinya Feature yang satu ini wajib untuk disematkan pada Smartphone zaman sekarang.

Mode bokeh kamera belakang sangat memuaskan hasilnya, karena potongan objek antara yang bookeh dan yang tidak terlihat rapih.

Tidak hanya kamera belakang yang disematkan, Mode bokeh kamera depan pun juga disematkan ya walaupun sudah bisa ditebak tidak akan sama bagus nya dengan kamera belakang.

Kamera depan mempunyai Wide Angle yang cukup luas untuk memudahkan selfie ataupun Groufie yang banyak anak muda menyukai kegiatan tersebut.

Fitur AI Image Indentification yang sudah lengkap fitur seperti menjadi asisten untuk para pengguna Smartphone jaman sekarang untuk membantu memudahkan mengelompokan berbagai foto dengan kata kunci yang mudah untuk dicari.

Contoh nya : Selfie, Landscape, Cate dan lainnya.

Fitur AI Beauty face dengan fitur ini Kamera VIVO V9 dapat mengidentifikasi usia,, jenis kelamin, warna kulit, dan tekstur wajah pengguna.

Fitur Algoritma AI V9 mampu mengubah foto 2d menjadi 3d, dan terdapat sticker sticker kekinian yang menambah serunya berfoto di Smartphone satu ini.

Penyimpanan yang besar untuk menampung semua foto anda, dikarenakan Smartphone ini mempunyai penyimpanan sebesar 64 Giga Byte sehingga saya rasa tidak perlu ditambahkan Micro SD lagi.

Apakah anda ingin membelinya ? Dengan kekurangan dan kelebihan diatas

Terdapat banyak varian warna Gold Black ( Hitam ), Gold, dan ada satu warna lagi yang disebut oleh VIVO akan dijual terbatas dengan warna Cool Blue yang dijual dibulan april di Toko online saja. Hp android ram 4gb 3jutaan ini sangat dicari oleh pelanggan karena terbatas. V9  di banderol dengan harga Rp 3.999.999 untuk yang berwarna Cool Blue sepertinya akan sama harga nya dengan varian warna yang lain.

Sumber : http://nextren.grid.id/read/01115523/perbandingan-spesifikasi-vivo-v9-dan-oppo-f7-lebih-mantap-mana?page=all