Saat ini tersedia banyak sekali supplier produk-produk mulai dari produk kesehatan, fashion hingga peralatan rumah tangga. Supplier dengan harga termurah biasanya adalah importir langsung, mereka umumnya mengimpor barang dari negara Cina yang terkenal dengan harga murahnya. Cara mudah untuk mencari supplier dropship yang tentu saja melalui marketplace-marketplace besar, diantaranya ialah Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Jakmall. Jika anda adalah pelaku dropship, anda bisa mulai mencari pelanggan secara online maupun online. Sebaiknya anda memiliki toko online sendiri. Kalau anda tidak mau kerepotan nantinya, tokopedia menyediakan fasilitas buka toko. Anda bisa klik tombol yang bertulisan “toko” di pojok kanan atas. Namun untuk anda yang memiliki banyak toko tapi kesulitan untuk mendapatkan gambar atau deskripsi produk dari supplier, tentu sudah ada aplikasi scrape bukalapak. Disini admin akan membagikan cara scrape di marketplace bukalapak untuk diupload ke tokopedia.

  1. Buka scrape Bukalapak
    Disana anda bisa klik dropdown menu Bukalapak dan pada dropdown menu tersenut anda bisa pilih menu scrape toko.
  2. Bukalapak toko scraper
    Pada bagian ini anda perlu sedikit setting seperti nama file (url supplier anda) hanya namanya saja
  3. Username supplier
    Pada bagian ini anda perlu memasukkan username atau url supplier anda saja, untuk mendapatkannya anda perlu mengakses url dari supplier anda, selanjutnya isi stok atur markup dan klik pada tombol Scrape.
  4. Mendapatkan file
    Disini anda bisa menentukan anda mau scrape produk pada satu toko supplier anda atau anda juga bisa scrape produk supplier anda per etalase, jika scrape sudah selesai maka data produk akan terdownload secara otomatis berbentuk file CSV.
  5. Finish
    Tunggu hingga proses selesai dan anda akan mendapatkan file CSV yang nantinya anda bisa gunakan untuk mengisi toko, dengan file tersebut anda akan cepat untuk memiliki banyak produk dari suplier anda dan tentunya anda juga sudah bisa mempromosikan toko anda.

Lalu bagaimana dengan produk / barang yang akan dijual?? Tenang…. anda tidak perlu khawatir. Dengan scrape bukalapak, dalam hitungan menit anda akan mempunyai etalase toko yang penuh dengan barang-barang murah dari supplier. Anda pun tidak perlu repot dengan cara scrape tokopedia manual dengan berbagai macam script yang bikin pusing kepala.