Beberapa Ciri-ciri Sakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai dan Cara Pencegahannya

Ginjal merupakan salah satu organ di dalam tubuh manusia yang memiliki peranan sangat penting bagi tubuh. Apabila ginjal yang ada di dalam tubuh tidak sehat hal tersebut pastinya juga akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda. Tidak dapat dipungkiri terkadang memang masih ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang meremehkan ciri-ciri sakit ginjal karena keadaan tersebut dianggap sepele. Tetapi mereka akan segera menyadari setelah penyakit sudah sangat parah.

Ginjal memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh yakni menyaring racun dan juga kotoran yang masuk dalam darah. Apabila ginjal berfungsi sangat baik, maka kotoran dan racun tersebut akan dibuang bersamaan dengan urine. Tidak hanya berfungsi untuk menyaring racun yang akan masuk dalam darah, namun ginjal juga memiliki salah satu fungsi lain yang tidak kalah penting yakni menjaga tekanan darah supaya tetap normal.

Adanya penyakit yang menyerang ginjal biasanya sangat dipengaruhi oleh beberapa hal. Saat ginjal sudah mulai mengalami kerusakan ada beberapa ciri yang bisa diperhatikan. Ginjal tidak lagi mampu untuk menyaring racun yang masuk dalam darah dan hal tersebut mengakibatkan racun menumpuk dalam tubuh dan lambat laun kondisi kesehatan akan semakin memburuk. Berikut ini adalah beberapa ciri penyakit ginjal yang harus diperhatikan:

  1. Warna urine berbeda
    Warna urine yang berbeda dan atau mengalami perubahan warna biasanya merupakan ciri paling awal penyakit ginjal yang sering muncul. Biasanya urine akan berubah menjadi lebih keruh. Ciri lain yang bisa diperhatikan adalah intensitas untuk buang air kecil akan semakin meningkat atau bahkan sebaliknya yaitu akan semakin jarang buang air kecil. Keadaan tersebut biasanya juga akan ditandai dengan buang air kecil yang lebih sering pada malam hari. Saat buang air kecil terkadang disertai dengan rasa nyeri. Bila penyakit ginjal sudah akut biasanya urine akan disertai dengan bercak darah dan kencing berbusa juga bisa menjadi salah satu ciri penyakit ginjal.
  2. Tubuh menjadi mudah lelah
    Biasanya ginjal yang sehat akan terus memproduksi hormon eritropoietin yang secara teratur akan membantu tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Apabila sudah terjadi kerusakan pada ginjal, biasanya keadaan tersebut juga akan berdampak pada menurunnya kadar dari hormon eritropoietin. Hal tersebut berdampak pada produksi sel darah merah yang ada dalam tubuh menurun dan berakibat tubuh menjadi lebih mudah capek.
  3. Bengkak di beberapa bagian tubuh
    Ginjal yang sudah terserang penyakit akan berakibat pada kinerjanya yang akan semakin menurun. Racun dan beberapa kotoran yang akan masuk dalam darah tidak lagi mampu disaring oleh ginjal. Oleh karena itu, protein yang masuk dalam tubuh akan semakin berkurang karena terbuang bersama dengan urine. Biasanya tubuh yang kekurangan protein akan berakibat pada pembengkakan yang terjadi pada kaki atau tangan namun juga ada beberapa kasus penyakit ginjal yang membuat wajah dan mata mengalami pembengkakan.

Ada banyak sekali resiko yang menyebabkan penyakit tersebut seperti merokok, riwayat penyakit keluarga, kolesterol tinggi dan obesitas. Biasanya seseorang yang sudah terkena penyakit ginjal juga akan terserang berbagai macam penyakit lain seperti gagal jantung dan diabetes. Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya terhindar dari penyakit tersebut seperti mencoba untuk menjaga tekanan darah supaya normal, merubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat dan lain-lain. Apabila sudah mendapati ciri-ciri sakit ginjal seperti di atas segera konsultasikan dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa