Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan drone. Pada jaman sekarang ini, drone sudah banyak dimiliki orang dan dijual beli secara bebas di pasaran. Indonesia merupakan salah satu negara yang memperbolehkan rakyatnya untuk memiliki drone secara bebas. Meski harganya tergolong tidak murah, tapi drone memiliki fungsi yang luar biasa. Drone sebenarnya memiliki banyak manfaat jika digunakan secara maksimal. Beberapa orang telah mencoba berbagai macam funsi drone ini dan berhasil. Bahkan beberapa dari fungsi drone ternyata masih belum diketahui dengan baik oleh pemiliknya. Ini adalah 4 fungsi drone yang harus Anda ketahui agar bisa memanfaatkannya secara maksimal:

  1. Drone untuk mengambil gambar

Fungsi drone yang paling mendasar adalah sebagai alat fotografi. Drone digunakan untuk mengambil gambar, baik video ataupun foto. Pengggunaan drone sebagai alat pengambil gambar adalah yang paling sering dilakukan. Fungsi dasar drone adalah mengambil gambar dari ketinggian tertentu sehingga gambar yang diperoleh memiliki angle yang lebih menarik. Bahkan dalam dunia perfilman, sudah banyak produser film yang menggunakan drone sebagai alat bantu untuk pengambilan gambar. Kebanyakan drone yang dijual di pasaran pun merupakan drone yang sudah khusus dibuat untuk mengambil gambar terutama video dan sudah disetting semudah mungkin agar orang awam juga bisa menggunakannya.

  1. Menjadi alat pengiriman

Fungsi drone yang masih belum banyak diketahui adalah sebagai alat pengiriman. Siapa sangka ternyata drone bisa digunakan untuk mengirim barang. Penggunaan drone sebagai alat pengiriman memang belum dilakukan secara umum, tapi Anda bisa menggunakan drone yang Anda miliki untuk mengirim barang. Cara ini sangat unik tapi juga efektif meski jangkauan pengirimannya tidak bisa terlalu jauh. Anda bisa mencobanya sendiri, selain itu Anda juga tetap bisa memantau melalui kamera yang terpasang pada drone. Fungsi drone sebagai alat pengiriman mulai dicoba untuk dilakukan oleh beberapa perusahaan seperti untuk mengirim makanan atau barang-barang sederhana. Proses pengiriman pasti akan lebih mudah dan cepat dengan menggunakan drone ini.

  1. Drone sebagai alat pemantau

Fungsi lain dari drone adalah menjadi alat pemantau. Drone bisa menjadi alat yang berguna bagi Anda dan beberapa macam profesi. Misalnya Anda ingin melihat kerusakan pada bagian atap rumah, maka Anda tidak perlu repot naik ke atas rumah, cukup menggunakan drone saja. Selain itu drone juga digunakan untuk memantau daerah yang tidak mudah dijangkau manusia misalnya di hutan atau gua. Menggunakan drone, proses pemantauan menjadi lebih aman dan efektif. Maka dari itu funsi drone ini mulai dikembangkan untuk memantau daerah-daerah terkena bencana yang masih sulit dijangkau oleh orang luar.

  1. Menjadi alat pertahanan negara

Meski untuk beberapa negara drone menjadi ancaman, ternyata drone juga bisa menjadi alat pertahanan negara. Drone telah digunakan oleh beberapa negara untuk memantau keadaan negaranya. Selain itu drone bahkan digunakan juga dalam perang untuk melihat kondisi lawan. Pengggunaan drone sebagai pertahanan negara sudah banyak digunakan oleh berbagai negara. Bahkan pada negara tertentu drone tidak boleh sembarangan digunakan dan hanya boleh dilakukan dengan seijin pemerintah. Menggunakan alat ini, sebuah negara dapat mengantisipasi jika ternyata terjadi serangan dari pihak lawan. Drone jauh lebih aman digunakan karena tidak akan menimbulkan korban jika diserang oleh lawan. Maka dari itu banyak negara yang sedang berkonflik atau perang memanfaatkan drone untuk mengetahi situasi terkini.